Breaking News
Loading...
Kamis, 19 Desember 2013

Training Dasar Organisasi MPALH UNP 2011

17.04
 
Sabtu n Minggu (26-27 Maret 2011) yang lalu MPALH UNP telah berhasil melaksanakan suatu agenda tahunan yaitu Training Dasar Organisasi. Acara yang dikhususkan untuk angkatan terbaru ini (katanya) diharapkan akan memmbawa suatu perubahan bagi organisasi ini. Bukan hanya melahirkan anggota-anggota yang mahir di lapangan, tapi juga menghasilkan organisatoris-organisatoris ulung dari G 35 PKM UNP (Ini sih kata Pemateri Manajemen Konflik yang tidak lain tidak bukan adalah Ketum MPALH itu sendiri, Raju Latu Heru, paralu lo pake NAG nyo ko bang ???ndak usah lah ndak???)
Acara yang berlangsung selama dua hari ini dibuka secara resmi oleh Pak Sudiro, perwakilan dari Pembantu Rektor III, yang seharusnya ngemong mahasiswa UNP. Dalam kesempatan ini Pak Sudiro ngoceh eh cerita panjang kali lebar kali tinggi tentang bagaimana seharusnya organisasi kemahasiswaan. Katanya MPALH merupakan salah satu UK yang aktif di UNP. Sempat ngomongin kegiatan MPALH yang extreme juga tuh bapak. “Butuh persetujuan orang tua kalo mau nyetujuin kegiatan kalian tuh”, gitu lah intinya (Jiah,,,kok malah ngomong nggak penting iah ???)
Dalam acara TDO tahun ini ada 5 materi yang wajib diikuti oleh peserta, 2 materi di hari pertama dan 3 materi di hari ketiga. Pada hari pertama peserta TDO mendapatkan materi tentang “Manajemen dan Koordinasi Organisasi”. Pak Perengki, dosen FE UNP, yang ngasih materi ini. Banyak banget yang didapat dari materi ini, salah satunya adalah tentang konsep manajemen dan fungsi manajemen. Di materi ini Pak Perengki sempat juga nunjukin tentang Green Management (malu saia, kayaknya ni bapak lebih concern ke lingkungan dari pada saya). Pak Perengki juga bilang kalo kita harus ngurangi pake baju itam (hikz…hikz…I Love Black), soalnya baju itam tu tingkat radiasinya lebih besar. Iya juga sih, waktu SMA kita kan sempat belajar Radiasi Benda Hitam di mata pelajaran Fisika. Materi kedua disampaikan oleh Kakanda Khaidir Anas, mantan ketua umum MPALH UNP n dewan pertimbangan tahun lalu (sekarang masih eksis di pengurusan MPALH UNP, saat ini Da Ir menjabat Kadept Kutikulum). Materi yang disampaikannya adalah tentang Fungsi dan Tanggung Jawab, materi ini lebih menekankan fungsi dan tanggung jawab anggota MPALH UNP. Dalam kesempatan kali ini Da Ir menjelaskan tentang AD/ART MPALH yang berkaitan dengan fungsi dan tanggung jawab anggota di MPALH UNP.
Materi ketiga disampaikan pada hari kedua TDO. Pagi-pagi, peserta sudah disodori materi tentang pembuatan surat-menyurat, proposal dan laporan. Pematerinya Pembina PPIPM (tetangganya MPALH), namanya Bapak Suparno. Pak Parno menjelaskan tentang surat-menyurat, sedikit mengoreksi surat yang dibuat oleh panitia TDO untuknya dan menyampaikan tentang pembuatan proposal penelitian. Selanjutnya setelah istirahat siang, peserta disuguhi materi “leadership” yang disampaikan oleh Da Eki, senior MPALH. Da Eki bercerita tentang bagaimana pemimpin itu sebenarnya dan dikaitkan dengan organisasi MPALH UNP. Da Eki juga banyak bercerita tentang bagaimana MPALH UNP itu dulunya. Materi pamungkas TDO MPALH UNP 2011 disampaikan oleh Saudara Raju Latu Heru yaitu Manajemen Konflik. Disini Ketum MPALH UNP Periode 2011 ini menyampaikan bagaimana pengelolaan konflik yang benar dan terarah. Apa-apa yang menjadi penyebab konflik, pengaruh positif dan negative konflik juga dibahas disini. 
Dari semua materi yang diberikan selama dua hari tersebut, sebenarnya adalah untuk Regenerasi MPALH UNP itu sendiri. Seperti yang disampaikan diatas tadi, bukan hanya santiang di lapangan, tetapi juga pandai dan pandai-pandai dalam berorganisasi. Dengan demikian nama MPALH UNP akan semakin besar. Kalau ilmu-ilmu yang dimiliki oleh senior-senior hanya disimpan sendiri gimana MPALH mau maju (betul gak sih, ???). Kegiatan seperti ini sangat penting untuk diadakan setiap tahunnya sebagai persiapan regenerasi di tubuh MPALH UNP.
Tapi acara ini tidak akan berjalan lancar kalau panitianya tidak bekerja habis-habisan. Thanks buat Febi Yulia Erita yang udah mau menjadi ketua panitia acara ini (kalau ndak ado uni, dak ka ado acara ko do un, heheheheh). Buat Buk Sek, Ilfi Rahmi, makasih banyak buat waktunya dah mau ngetik-ngetik mpe minjem laptop orang. Buk Ben, Desri Fagia Nonik, perhitungan yang mantap, hehehehe…Buat semua seksi yang udah bantuin sampai acara ini lancar banget (iya kan ???). Davit n Uni Ria, seksi Humas, thanks buat waktu n tenaga yang dah dikeluarin. Iim, dengan bantuan Yoni n Ami, yang dah batanggang buat bakwan n donat alias seksi konsumsi. Makasih team konsumsi, you save our 2 days in TDO,hehehehe…Buat Anggun, seksi acara, biarpun kerjanya rada gak bener tapi thanks lah (hehehehe,,,,pengakuan). Salute to Didi yang dah nyiapin perlengkapan selama TDO, kesana kemari bawak infocus pinjaman,,,,heeee….n seluruh anggota yang udah mendukung acara TDO.
Salute to MPALH UNP
Lestari !!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer